KUTUB UTARA DAN KUTUB SELATAN

Pengertian kutub secara bahasa adalah poros atau sumbu bumi (KBBI). Meskipun begitu para ilmuan juga setuju kalau planet selain bumi juga memiliki wilayah kutub. Kutub bumi merujuk pada daerah/kawasan yang mengelilingi kutub, yaitu dua titik ekstrem di permukaan bumi yang terletak di kutub utara dan kutub selatan. Daerah ini didominasi oleh es, dimana kondisi es kutub kini mulai menghilang secara perlahan akibat dari pemanasan global.

Kutub Utara terletak di sekitar 90 derajat (garis khayal) lintang utara, sementara Kutub Selatan terletak di sekitar 90 derajat (garis khayal) lintang selatan atau dengan kata lain terletak di ujung utara dan selatan dari sumbu rotasi Bumi, yang membuat mereka menjadi titik yang paling jauh dari pusat Bumi.

Kutub bumi disebut sebagai titik ekstrem karena letaknya yang sangat jauh dari garis khatulistiwa dan memiliki suhu yang sangat dingin. Kondisi ini membuat lingkungan di kutub sangat keras dan tidak ramah bagi kebanyakan makhluk hidup. Kondisi kutub yang ekstrem telah menarik minat bagi para ilmuwan dan penjelajah yang ingin mempelajari dan memahami kondisi lingkungan yang ekstrem ini. Ada beberapa titik ekstrem di bumi selain daerah kutub, seperti palung mariana dan laut mati.

Kutub Utara adalah lautan yang ditutupi oleh lapisan es yang membentuk pulau, kawasan ini disebut juga dengan kawasan Artik, sedangkan Kutub Selatan adalah daratan yang yang ditutupi oleh es dan kawasan ini dikelilingi oleh lautan yang sering disebut dengan antartika.

Kawasan kutub mempunyai dua musim yaitu musim dingin dan musim panas, masing-masing musim ini terjadi selama kurang lebih enam bulan (setengah putaran revolusi bumi). Di belahan bumi utara, musim panas terjadi pada sekitar bulan September sampai Maret yaitu ketika kawasan ini mendapatkan sinar matahari selama 24 jam, dimana kecondongan bumi di kawasan ini mendekati matahari sedangkan di kutub selatan kecondongan/kemiringan menjauh dari matahari sehingga kutub selatan mengalami musim dingin karena tidak mendapatkan sinar matahari selama 24 jam.

Meskipun terjadi musim panas, tidak semua es dikawasan kutub mencair, hal ini disebabkan karena jarak matahari ke kutub lebih jauh dari jarak matahari ke ekuator dan sinar matahari yang jatuh ke kutub lebih sedikit dari ekuator.