SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG/GIS)

Sistem Informasi Geografis (SIG) atau dikenal juga dengan

Geographic Information System (GIS).

 

Pengertian SIG

·  Sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis.

·  Sistem berbasis komputer yang digunakan untuk memperoleh, menyimpan, memanggil kembali, menganalisis, dan menampilkan data spasial.

·  Suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.

 

Kelebihan SIG

·  SIG mempunyai kemampuan untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu di bumi, menggabungkannya, menganalisa dan akhirnya memetakan hasilnya.

·  SIG dapat menjawab beberapa pertanyaan seperti; lokasi, kondisi, trend, pola dan pemodelan. Kemampuan inilah yang membedakan SIG dari sistem informasi lainnya.

 

Data SIG

·  Data yang akan dianalisis dengan SIG adalah data spasial.

·  Data spasial adalah data yang berorientasi geografis.

·  Data spasial mempunyai sistem koordinat tertentu sebagai dasar referensinya.

·  Data spasial mempunyai dua bagian penting yang membuatnya berbeda dari data lain, yaitu informasi lokasi (spasial) dan informasi deskriptif (attribute).

·  Data lokasi (spasial) berupa nilai koordinat geografi dari lintang, bujur dan ketinggian (XYZ) termasuk data informasi datum dan proyeksi.

·  Dalam spasial dapat direpresentasikan dalam dua format, yaitu data vector dan data raster.

·  Data vektor merupakan data yang direpresentasikan dalam bentuk titik, garis, dan area/poligon.

·  Data raster (sel grid) adalah data obyek geografis yang direpresentasikan dalam struktur sel grid (pixel/picture element).

·  Data deskriptif/atribut (non spasial) berupa data/informasi/keterangan tambahan pada data spasial, seperti jenis vegetasi, populasi, luasan, kode pos, dan sebagainya.