GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS)

  • Sebuah sistem navigasi yang terdiri dari 24 satelit NAVTAR (Navigation satellite Timing and Ranging) yang dikembangkan oleh the United State Department of Defence (DoD). Pada mulanya sistem GPS dikembangkan untuk keperluan militer, kemudia baru dalam perkembangan selanjutnya digunakan untuk keperluan sipil. Sistem satelit GPS merupakan program lanjutan dari sistem satelit TRANSIT atau Satelit Doppler yang telah ada sebelumnya.

Sistem GPS terdiri atas:
Angkasa/Space
    Terdiri dari 24 satelit (21 aktif dan 3 cadangan)
    Mengorbit pada ketinggian 20.200 km dari permukaan bumi.
    Mengorbit dalam enam bidang orbit (empat satelit tiap bidang orbit).
Pengontrol/Control
    Inti dari sistem GPS.
    Pusat kontrol satelit GPS terletak di Falcon Air Force Base di Colorado Springs, Colorado USA.
    Selain pemantauan oleh pusat kontrol di Colorado, pemantauan GPS juga dilakukan oleh empat stasiun monitoring dan empat stasiun distribusi.
    Diperkirakan setiap satelit akan melewati stasiun monitoring dua kali sehari.
Pengguna/User
Semua bidang yang memanfaatkan GPS, yaitu Militer/Pemerintah dan Sipil.

  • Sistem GPS dapat digunakan untuk memperoleh data mengenai posisi, kecepatan dan waktu secara teliti dalam segala cuaca di darat, lautan, dan udara. Sistem satelit GPS bekerja pada referensi waktu yang sangat teliti, dimana seluruh satelit GPS disinkronisasikan untuk memancarkan sinyal yang sama.
  • Sistem satelit GPS memancarkan sinyal radio dengan frekuensi yang sangat rendah selama 24 jam. Sinyal inilah yang kemudian diterima oleh perangkat/alat penerima sinyal GPS, sebagian alat ini hanya bekerja di ruang terbuka untuk menerima sinyal tersebut. Alat penerima GPS akan menghasilkan data yang akurat (3D) jika ia menerima sinyal dari sedikitnya 4 buah satelit GPS, jika sinyal diterima hanya dari tiga satelit maka data tersebut kurang akurat (2D).
  • Sistem satelit bekerja dengan mengukur jarak dan posisi beberapa satelit terhadap alat penerima sinyal GPS.
  • Keakuratan data GPS semakin baik seiring dengan perkembangan teknologi.
  • Perkembangan teknologi GPS telah memberikan terobosan/dampak penting dalam bidang kartografi terutama dalam menyediakan data bagi pemetaan.